Thursday, January 21, 2010

opel blazer

Sejarah Chevrolet K5 Blazer PDF Print E-mail
Written by Suharta
Thursday, 12 February 2009 06:04


K5 Blazer merupakan versi SUV full-size terkecil dari keluarga General Motors C/K Trucks. Dipasarkan pertama kali oleh Chevrolet pada tahun 1969, Pada tahun 1995, versi full-size Blazer diganti Chevrolet Tahoe. Tahun 1970, GMC memperkenalkan truck model baru yang disebut Jimmy, diproduksi hingga tahun 1992 GMC Yukon. Keduanya berbasis pada truk bersumbu pendek dan tersedia jenis rear-wheel drive atau four-wheel drive. Saudaranya yang bersumbu panjang atau wheelbase (dengan body depan terintegrasi) dikenal sebagai Chevrolet Suburban.

K5 Blazer dan Jimmy memiliki atap yang dapat dibuka tutup pada awal-awal tahun produksinya hingga tahun 1976 saat gaya body semi kabin diperkenalkan. Model yang lebih kecil S-10 Blazer and S-15 Jimmy di tahun 1983. Blazer dan Jimmy asli tetap diproduksi hingga tahun 1991; Tahun 1992 merupakan tahun lahirnya new K1500 Blazer (dan penamaan ulang GMC Yukon) pada GMT400 platform. Setelah tahun 1994, Blazer dinamai Chevrolet Tahoe.


1969

1969 Blazer
First generation
Produsen: General Motors
Masa dalam produksi: 1969–1972
Kelas: {{{class}}}
Bentuk kerangka: {{{body_styles}}}
Mesin: {{{engines}}}
Transmisi: 3-speed automatic
4-speed manual
Length: {{{length}}}
Lebar: {{{width}}}
Tinggi: {{{height}}}
Berat kekang: {{{weight}}}
Pendahulu: {{{predecessor}}}
Penerus: {{{successor}}}
Juga dikenal dengan nama: GMC K5 Jimmy
Berbagi komponen dengan: {{{shares_with}}}
Model-model yang mirip {{{similar_cars}}}

Aslinya K5 merupakan truck bersumbu pendek. Tersedia di 1969 sebagai 4-wheel drive saja; Di tahun 1970, model two-wheel-drive atau 2D mulai ditawarkan. Ada empat pilihan berdasarkan tenaga penggeraknya: 250 in straight-6, 292 straight-6, 307 V8, dan 350 V8.

Blazer didesain dan dipasarkan untuk berkompetisi dengan International Harvester Scout dan Ford Bronco. Dua kompetitor ini asalnya ditujukan untuk seri pendek dari Jeep CJ series, yang jauh lebih kecil dari truk-truk. Inovasi terhebat dari Blazer adalah membuat sebuah pickup truk yang pendek dan sederhana, dengan menambaha ruang interior dan mengurangi biaya produksi dengan menggunakan platform yang. Dengan cepat Blazer menjadi populer. Untuk pertama kali, blazer mampu mengawinkan mobil berkemampuan off-road seperti Scout dengan fitur-fitur mewah seperti pendingin udara (AC) transmisi otomatis yang digunakan pada truk. Tahun 1970, penjualan Blazer telah mengalahkan kedua rivalnya. Ford, Dodge, dan bahkan Jeep akhirnya ikut-ikutan menjual pickup versi pendek, yakniFord Bronco, Dodge Ramcharger dan Jeep Cherokee.

Versi two-wheel drive memiliki suspensi depan independen, dan rear trailing arms, keduanya dengan per pegas. Versi four-wheel drive memiliki front axle yang solid dan menggunakan per daun untuk suspensi depan dan belakang. Kedua versi tersebut menggunakan piringan drum / drum brakes baik depan maupun belakang sampai tahun 1971, saat semua truk ringan keluaran GM memiliki standar piringan depan, sementara yang belakang tetap menggunakan piringan drum / drum brakes Ada juga pilihan antara tiga kecepatan automatic transmission Turbo Hydromatic (TH350), tiga kecepatan manual transmission, dan empat kecepatan four-speed Saginaw Muncie (SM465) transmisi manual. Dua transfer casesjuga ditawarkan: Dana 20, tersedia hanya dengan transmisi manual, atau NP-205, tersedia dengan transmisi manual maupun otomatis.

Mesin:

  • 4.1 L (250 in³) 250 I6 (1969-1984)
  • 4.8 L (292 in³) 292 I6 (1970-1971)
  • 5.0 L (307 in³) 307 V8 (1969-1973)
  • 5.7 L (350 in³) 350 V8 (1969-1991)

Transfer cases:

  • Dana 20 - gear driven part-time four-wheel drive
  • NP-205 - gear driven part-time four-wheel drive

1973-1991

GMC K5 Jimmy
Second generation
Produsen: General Motors
Masa dalam produksi: 1973–1991
Kelas: {{{class}}}
Bentuk kerangka: {{{body_styles}}}
Mesin: {{{engines}}}
Transmisi: 4-speed SM465 manual
3-speed TH350 automatic
3-speed TH400 automatic
4-speed 700-R4 automatic
Length: 184,8 in (4694 mm)
Lebar: 79,6 in (2022 mm)
Tinggi: 73,8 in (1875 mm)
Berat kekang: {{{weight}}}
Pendahulu: {{{predecessor}}}
Penerus: {{{successor}}}
Juga dikenal dengan nama: GMC K5 Jimmy
Berbagi komponen dengan: {{{shares_with}}}
Model-model yang mirip {{{similar_cars}}}
Second generation Chevrolet K5 Blazer with second facelift
1987 Chevrolet K5 Blazer

Pada tahun 1973, Lini produksi truk GM full-size didesain ulang dan diperbaharui. Meski Blazer rear-wheel drive Blazers diproduksi sampai tahun 1982, yang banyak terjual malah tipe four-wheel drive.

Hingga 1976, K5 memiliki atap convertible. Setelah tahun tersebut, style-nya dirubah menjadi semi kabin sampai tahun . Walaupun GMT400 platform diperkenalkan pada musim panas 1987 sebagai model 1988, K5 Blazer, Suburban, dan truk kru kabin tetap mempertahankan platformnya sampai tahun 1991. Tahun 1989, grill depannya dirubah dan disusun menjadi persegi seperti yang dipakai pada seri truk pickup GMT400.

K5 Blazer sangat popular dikalangan off-road. Merupakan truk yang sangat kuat 350 V8 (yang mana merupakan tenaga penggerak opsional), gear driven NP-205 juga baut 10 dan 12 axles. Sangat mudah meng-upgrade mesin ini, karena banyak tersedia dipasaran suku cadang peningkat kinerja. Model selanjutnya yang diproduksi 1980 menggunakan chain-driven NP208 transfer case, dan NP241 setelah tahun 1988.

Sejak 1981 (saat terjadinya krisis minyak /1973 Arab Oil Embargo dan krisis energi/ 1979 energy crisis), Chevrolet dan GMC menggunakan rasio kompresi 305 yang lebih kecil yakni dengan 9.2:1 compression ratio. Mesin ini menghasilkan torsi yang hampir sama dengan 350, memberikan perasaan mengemudi yang hampir sama. Bagaimanapun, mesin ini sangat kurang bertenaga rentan terhadap detonation (engine knocking), khususnya dengan electronic spark control module. Untuk mencapai rasio kompresi 9.2:1, ruang kepala silindernya lebih kecil, terukur 54 cc dibanding 60 cc. Daripada mengganti camshaft, beberapa pemilik Blazer owners mesin 305 dengan yang beraroma 350, semenjak penggantian mesin berpenggerak yang lebih kecil digunakan untuk semua pickup Chevrolet/GMC juga mobil penumpangnya.

Di tahun 1982,Detroit Diesel 6.2 diperkenalkan; K5 bertenaga diesel telah dijual (khususnya untuk konversi diesel biodiesel dan/atau straight vegetable oil).

Setelah 1987, ketika throttle-body fuel injection diperkenalkan untuk mesin truk, the mesin 350 dijadikan standar.

Ada juga variasi dalam hal suspensi dan peringanan bodi untuk K5 Blazer. Sangat mudah untuk menghilangkan stok ban 33 inch (838 mm) atau dengan dua inci (51 mm) pengangkatan atau ban 35 inch (889 mm) dengan empat atau enam inci (102 atau 152 mm) pengangkatan.

Jenis-jenis mesin:

  • 4.1 L (250 in³) 250 I6 (1973-1984)
  • 4.3 L (262 in³) 262 I6 (1985-1986)
  • 5.0 L (305 in³) 305 V8 (1976-1987)
  • 5.0 L (307 in³) 307 V8 (1973)
  • 5.7 L (350 in³) 350 V8 (1973-1991)
  • 6.6 L (400 in³) 400 V8 (1975-1980)
  • 6.2 L (379 in³) Detroit Diesel V8 (1982-1991)


Transmisi:

  • Turbo Hydromatic TH350 three-speed automatic (1973-1981)
  • Turbo Hydromatic TH400 three-speed automatic (1974-1979)
  • 700R4 (4L60) four-speed overdrive automatic (1982-1991)
  • Saginaw SM465 four-speed manual (1973-1991)


Transfer cases:

  • Dana 20 - gear driven part-time four wheel drive (1973)
  • NP-205 - gear driven part-time four wheel drive (1973-1980)
  • NP-203 - chain driven full-time four wheel drive (1973-1979)
  • NP-208 - chain driven part-time four wheel drive (1981-1988)
  • NP-241 - chain driven part-time four wheel drive (1988-1991)


Axles:

  • Dana 44 - Front axle (1973-1977/78)
  • GM Corporate 10 Bolt - Front axle (1977/78-1991)
  • GM Corporate 12 Bolt - Rear axle (1973-1981)
  • GM Corporate 10 Bolt - Rear axle (1982-1991)

1992-1994

Chevrolet K5 Blazer
Third generation
Produsen: General Motors
Masa dalam produksi: 1992–1994
Kelas: {{{class}}}
Bentuk kerangka: {{{body_styles}}}
Mesin: {{{engines}}}
Transmisi: 4-speed automatic
5-speed manual
Length: 187,7 in (4768 mm)
Lebar: 76,4 in (1941 mm)
Tinggi: 71 in (1803 mm)
Berat kekang: {{{weight}}}
Pendahulu: {{{predecessor}}}
Penerus: {{{successor}}}
Juga dikenal dengan nama: GMC Yukon
Berbagi komponen dengan: {{{shares_with}}}
Model-model yang mirip {{{similar_cars}}}

Full-size Blazer diperbaharui tahun 1992 untuk platform baru GMT400 platform dan berlangsung hingga tahun model 1994. Tahun 1995, fullsize Blazer diganti nama menjadi Tahoe sampai tahun 1999, yang merupakan tahun produksi terakhir untuk SUV berpintu 2 ini. Model 2 pintu yang serupa yakni GMC Yukon GMT400 diproduksi dari 1992 sampai 1997. Juga menggunakan 6.5 liter Detroit Diesel V8's.

Blazer di Indonesia

Chevrolet Blazer mulai muncul di Indonesia dengan menggunakan nama Opel Blazer pada tahun 1996, sedangkan nama Opel sendiri sudah digunakan General Motors (GM) sejak tahun 1995. Sebenarnya ini merupakan kekeliruan dalam strategi marketing GM karena nama Opel identik dengan sedan kelas menengah, bukan mobil bertenaga besar atau lebih dikenal SUV saat ini. Untung saja prinsipal ini menyadari kekeliruannya, baru pada tanggal 12 September 2002 GM kembali merubah nama Opel Blazer menjadi Chevrolet Blazer.

Modified Blazer


Berikut beberapa varian yang sempat beredar di Indonesia:

Blazer generasi pertama (1996-1998) disebut Blazer lampu kotak. Hanya ada 3 varian yakni:

1. Blazer DOHC, mulai diproduksi tahun 1996. Ciri khasnya lampu kotak american style.

Chevrolet Blazer DOHC 1996


2. Blazer DOHC LT (Luxury Touring), mulai diproduksi tahun 1997. Yang membedakan dengan varian DOHC adalah two tone colour dengan abu-abu tua, ada bullbar, sedangkan di sektor interior jok kulit, wood panel dan tonneau cover

Chevrolet Blazer DOHC LT 1997


3. Blazer SLi, mulai diproduksi tahun 1997. Generasi awal Blazer bermesin SOHC, interior sama dengan versi DOHC hanya tanpa cockpit panel dan console box. Eksterior sama spt DOHC hanya tanpa lis body, bumper hitam, dan ciri khususnya headlamp celong (kecil).

Ciri khas Headlamp Blazer Sli


Blazer generasi kedua (1999-2002), merupakan face lift dari generasi pertama, disebut Blazer lampu sipit, karena headlampnya lebih sipit dibanding versi sebelumnya, dan bertumpuk (atas headlamp, bawah lampu sein).

Blazer generasi kedua ini juga terdapat 3 varian, yaitu :

1. Blazer DOHC, interior sama persis dengan generasi awal.

Chevrolet Blazer DOHC 2000

2. Blazer DOHC LT, interior sama persis dengan generasi awal, sedangkan di sektor ekterior velg sudah polish.

Chevrolet Blazer DOHC LT 2002

3. Blazer Montera. Pada Blazer generasi kedua ini terdapat beberapa varian Montera.


Blazer generasi ketiga(2002-2005), diproduksi pertama kali tahun 2002.

Blazer generasi ketiga ini juga terdisi 3 varian yaitu :

1. Blazer DOHC

2. Blazer DOHC LT

3. Blazer Montera

Versi Montera diproduksi lebih awal, yaitu tahun 2002. Pada versi Montera ada perbedaan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu di sektor interior. Interior Montera generasi ketiga ini sudah seperti versi DOHC generasi sebelumnya, kecuali versi Montera LN. Versi DOHC mulai diproduksi tahun 2003, dan versi LT tahun 2004. Blazer generasi ketiga ini biasa disebut brazillian blazer. Blazer generasi ketiga ini terakhir diproduksi tahun 2005, tepatnya di bulan Maret.

Pada tahun 2004 GM Indonesia memproduksi Montera XR, perbedaannya dengan Montera sebelumnya, interior XR ini sudah seperti LT 2004 atau Chevrolet Blazer CBU 4x4 4300cc tahun 2000 dengan warna beige hanya saja tipe XR tanpa jok kulit. Begitu pula dengan bentuk dashboardnya, sama persis dengan versi LT. Sedangkan untuk tipe DOHC sama seperti generasi sebelumnya.

Chevrolet Montera XR 2004

Berdasarkan kelasnya tipe-tipe Blazer dimulai dari urutan terbawah :

1. Montera LN, spesifikasi sama seperti Montera tanpa radio/tape + speaker dan jok tanpa baris ketiga

2. Montera, spesifikasi eksterior : - tanpa roof rack - bumper depan dan belakang besi (cat hitam) - tanpa wiper belakang - kaca belakang bening tanpa defogger - velg kaleng - tanpa lis body - tanpa fog lamp - tanpa third brake lamp (lampu rem di atas kaca belakang) spesifikasi interior : - door trim minimalis - tanpa console box - tanpa cockpit panel - jok 3 baris bahan fabric - spion tidak electric - bumper belakang polos (rata)

3. Montera LV, spesifikasi eksterior : sama seperti varian Montera tetapi plus : - bullbar - velg alloy (model varian DOHC) - lis body - third brake lamp spesifikasi interior : sama seperti varian Montera tetapi plus : - console box

4. Montera LS, spesifikasi eksterior : sama seperti varian Montera LV tetapi plus : - two tone colour spesifikasi interior : sama seperti varian Montera LV tetapi plus : - bahan jok ada kombinasi semi kulitnya

5. Montera Sport, spesifikasi eksterior : sama seperti Montera tetapi plus : - over fender - lubang udara di kap mesin - roof rack - bumper depan + belakang sewarna body

6. DOHC, spesifikasi eksterior : - fog lamp - lis body - velg alloy - kaca tinted glass + kaca belakang ada defogger - roof rack - spion electric - bumper belakang ada tekukan spesifikasi interior : - door trim mewah - ada console box - ada cockpit panel (thermometer, tmpt kaca mata, kompas) - jok 2 baris bahan fabric

7. DOHC LT (luxury touring), spesifikasi eksterior : sama seperti varian DOHC tetapi plus : - bullbar - two tone colour - mulai tahun 2002 sekeliling body ada cladding envoy dan model bullbar lebih 'sopan' spesifikasi interior : sama seperti varian DOHC tetapi plus : - leather seat - ada wood panel (di door trim dan dashboard) - ada luggage cover

Serbaneka

Sekitar 1981, prototipe K5 Blazer digunakan sebagai testbed untuk kendaraan militer CUCV. Diantara 1983 dan 1986, yang dikenal sebagai M1009 CUCV adalah versi militer dari K5 Blazer. Satu-satunya perbedaan hanya tidak adanya pendingin udara dan penambahan per daun. Sebagian besar hijau olive drab (atau kamuflase dengan pola coklat-hijau-hitam digunakan oleh pasukan NATO jika M1009 berada di Western Europe) sampai digunakan juga untuk Operation Desert Storm dengan M1009s dicat berwarna coklat. Kesemua M1009, termasuk turunannya, menggunakan tenaga berpenggerak diesel 6.2 L.

M1009 memiliki sumber tenaga elektrik terpisah 24/12 volt. Pada umumnya truk menggunakan 12 volts. Jenis ini memiliki 2 alternator 12 v yang terpisah dan baterai dengan perkabelan seri, hanya sistem soket lampu, starter, dan jumper cable jack menggunakan terminal perkabelan 24 v. Selain itu truk menggunakan 12 volts. Soket lampu sesungguhnya 12 volt, dengan resistor pada firewall-nya untuk menurunkan tegangan dari 24v ke 12v. Resistor ini dapat di-bypass dan soket lampu bisa terhubung langsung ke baterai 12v. Jika hal ini dilakukan, starter 24 v diganti dengan yang punya standar starter 12v dan alternator dan baterai kedua tidak dibutuhkan. (Military 24v jump start plug in di grille otomatis harus diputus.)

Kendaraan M1009 yang dinonaktifkan berakhir ke tangan departemen hukum(misalnya ke Los Angeles County Sheriff's Department) atau dijual melalui lelang pemerintah. Banyak dari Blazer ini menjadi kendaraan militer kuno saat Humvee menjadi kendaraan militer yang lebih disukai.

No comments:

Post a Comment